Lambang Negara Republik Indonesia Lengkap Artinya

May 14, 2018 | Author: | Posted in Uncategorized

Garuda Pancasila merupakan Lambang negara Indonesia, yang terhitung punya semboyan Bhinneka Tunggal Ika (Meskipun Berbeda-beda tetapi tetap satu Jika). Lambang negara Indonesia berbentuk burung Garuda bersama kepala menghadap ke sebelah kanan (dari sudut pandang Garuda), dan membawa perisai berbentuk seperti jantung yang digantung menggunakan rantai pada leher Garuda, dan terdapat semboyan Bhinneka Tunggal Ika yang artinya “Meskipun Berbeda-beda tetapi tetap satu Jiwa” tertulis di atas pita yang dicengkeram oleh Garuda. Sultan Hamid II lah yang merancang Lambang ini, tetapi kemudian ditambah oleh Bung Karno, Setelah itu diresmikan pemakaiannya sebagai simbol negara pertama kali pada tanggal 11-Februari-1950 di dalam Sidang Kabinet Republik Indonesia Serikat.

lambang negara indonesia
Lambang negara Indonesia, Garuda Pancasila penggunaannya diatur di dalam Peraturan Pemerintah No. 43/1958.

Deskripsi dan makna filosofi Lambang Negara

Garuda

Garuda Pancasila merupakan burung yang telah dikenal lewat mitologi kuno di sejarah Nusantara (Indonesia), yakni tunggangan Dewa Wishnu yang berbentuk seperti burung elang rajawali. Garuda dipakai sebagai Simbol Negara untuk melukiskan Negara Indonesia merupakan bangsa yang kuat dan besar.
Warna keemasan di burung Garuda mengambarkan kejayaan dan keagungan.
Garuda punya sayap, paruh, cakar dan ekor yang melambangkan tenaga dan kapabilitas pembangunan.
Jumlah bulu Garuda Pancasila mengambarkan hari / Tanggal proklamasi kemerdekaan Bangsa Indonesia, yakni tanggal 17-Agustus-1945, pada lain: Jumlah bulu pada masing-masing sayap berjumlah 17, Jumlah bulu pada ekor berjumlah 8, Jumlah bulu di bawah perisai/pangkal ekor berjumlah 19, Jumlah bulu di leher berjumlah 45.

Baca Juga: Lambang PBB

Perisai

Perisai

Perisai merupakan tameng yang telah lama dikenal di dalam budaya dan peradaban Nusantara sebagai senjata yang melambangkan perlindungan, pertahanan dan perjuangan diri untuk menggapai tujuan.
Di sedang perisai terdapat sebuah garis hitam tebal yang melukiskan garis khatulistiwa hal selanjutnya mencerminkan wilayah / Letak Indonesia, yakni indonesia sebagai negara tropis yang dilintasi garis khatulistiwa.
Pada perisai terdapat lima buah ruang yang mewujudkan basic negara Pancasila.
Warna basic pada ruang perisai merupakan warna bendera Indonesia (merah-putih). dan pada bagian tengahnya punya warna basic hitam.

Sumber: haurgeulis.com

Facebook Comments

Author:

This author has published 1 articles so far. More info about the author is coming soon.

Leave a Reply

Facebook
Twitter
Google+
Pinterest
LinkedIn
RSS